Monday, December 29, 2014

KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR'AN

Dari Abu Umamah ra., ia berkata:
"Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: 'Bacalah Al Qur'an! Karena sesungguhnya Al Qur'an itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at bagi pembacanya (yang berpegang pada petunjuk-petunjuknya).'"
(HR. Muslim)

Dari An Nawwas bin Sam'an ra., ia berkata:
"Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: 'Nanti pada hari kiamat akan didatangkan Al Qur'an dan ahlinya yang dulu mengamalkannya di dunia, didahului dengan surat Al Baqarah dan surat Ali Imran yang keduanya saling berbantah mengenai ahli mereka masing-masing (Al Baqarah mengatakan bahwa orang ini adalah orang yang mengamalkan surat Al Baqarah, begitu pula surat Ali Imran).'"
(HR. Muslim)

Dari Utsman bin Affan ra., ia berkata:
"Rasulullah saw. bersabda: 'Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya.'"
(HR. Bukhari)

Dari 'Aisyah ra., ia berkata:
"Rasulullah bersabda: 'Orang yang mahir membaca Al Qur'an, maka nanti akan berkumpul bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat. Sedangkan orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Qur'an, maka ia mendapatkan 2 pahala.'"
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Musa Al Asy'ariy ra., ia berkata:
"Rasulullah saw. bersabda: 'Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur'an seperti buah limau yang harum baunya dan lezat rasanya. Perumpamaan orang mukmin yang tidak suka membaca Al Qur'an, seperti buah kurma yang tidak berbau tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al Qur'an, seperti bunga yang harum baunya tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Qur'an, seperti buah handhalah yang tidak ada baunya dan rasanya pahit.'"
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Umar bin Khaththab ra. bahwasanya Nabi saw. bersabda:
"Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat beberapa kaum Al Kitab (Al Qur'an), dan Ia akan merendahkan derajat suatu kaum yang lain dengannya."
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Umar ra. dari Nabi saw., beliau bersabda:
"Tidak diperbolehkan iri hati kecuali di dalam 2 hal, yaitu seseorang yang diberi kemampuan oleh Allah untuk membaca dan memahami Al Qur'an kemudian ia mengamalkannya, baik pada waktu malam maupun siang, dan seseorang yang dikaruniai harta oleh Allah kemudian ia menafkahkannya di dalam kebaikan, baik pada waktu malam maupun siang."
(HR. Bukhari dan Muslim) 

Dari Al Barra' bin Azib ra., ia berkata:
"Ada seorang membaca surat Al Kahfi dan di dekatnya ada seekor kuda yang diikat dengan tali pada kanan kirinya, kemudian orang itu diliputi semacam awan selalu mendekat, sehingga kudanya akan lari meninggalkan itu. Pada pagi harinya ia datang kepada Nabi saw. dan menceritakan apa yang baru saya terjadi, kemudian beliau bersabda:
'Itu adalah suatu ketenangan (rahmat) yang turun karena bacaan Al Qur'an.'"
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Mas'ud ra., ia berkata:
"Rasulullah saw. bersabda: 'Barangsiapa yang membaca 1 huruf dari Kitab Allah (Al Qur'an), maka akan memperoleh 1 kebaikan. Setiap 1 kebaikan dibalas dengan 40 kali lipat. Aku tidak mengatakan: ALIF LAAM MIIM itu 1 huruf, tetapi alif 1 huruf, laam 1 huruf dan miim 1 huruf.'"
(HR. Turmudzi)

Dari Ibnu Mas'ud ra., ia berkata:
"Rasulullah saw. bersabda: 'Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada sedikit pun dari Al Qur'an, maka ia bagaikan rumah yang kosong.'"
(HR. Turmudzi)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. dari Nabi saw., beliau bersabda:
"Nanti akan diperintahkan kepada orang yang senang membaca Al Qur'an: Bacalah dengan baik dan tartil sebagaimana kamu membacanya dengan tartil pada waktu kamu di dunia. Karena sesungguhnya tempatmu tergantung pada akhir ayat yang kamu baca."
(HR. Abu Dawud dan Turmudzi)