Wednesday, December 31, 2014

KEUTAMAAN SALAM DAN PERINTAH UNTUK MENYEBARLUASKAN

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta ijin dan memberi salam kepada penghuninya."
(QS. An Nuur : 27)

"Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya, salam yang ditetapkan di sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik."
(QS. An Nuur : 61)

"Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah penghormatan itu (dengan serupa dengannya)."
(QS. An Nisaa' : 86)

"Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: 'Salaamun,' Ibrahim menjawab: 'Salaamun.'"
(QS. Adz Dzaariyat : 24-25)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash. bahwasanya ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW.:
"Bagaimanakah Islam yang baik itu?"
Beliau menjawab:
"Yaitu kamu memberi makanan, dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan kepada orang yang belum kamu kenal."
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw., beliau bersabda:
"Tatkala Allah menciptakan Adam as., Allah berfirman kepadanya:
'Pergilah dan ucapkanlah salam kepada para malaikat yang sedang duduk itu, kemudian dengarkanlah jawaban mereka kepadamu, karena sesungguhnya jawaban itu merupakan penghormatan bagi anak cucumu.'
Maka Adam mengucapkan: 'ASSALAAMU'ALAIKUM.'
Mereka menjawab: 'ASSALAAMU'ALAIKA WARAHMATULLAAH.'
Mereka menambahkan dengan: 'WARAHMATULLAAH.'"
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ubadah Al Barra' bin 'Azib ra., ia berkata:
"Rasulullah saw. menyuruh kami untuk mengerjakan 7 perbuatan, yaitu menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendo'akan orang yang bersin, menolong orang yang lemah, membantu orang yang teraniaya, menyebarluaskan salam, dan menepati sumpah."
(HR. Bukhari dan Muslim) 

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata:
"Rasulullah bersabda: 'Kamu sekalian tidak akan masuk syurga sebelum kamu beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum kamu saling mencintai. Maukah kamu sekalian aku tunjukkan sesuatu yang apabila kamu mengerjakannya maka kamu sekalian akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kamu sekalian.'"
(HR. Muslim) 

Dari Abu Yusuf (Abdullah) bin Salam ra., ia berkata:
"Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: 'Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam, berikanlah makanan, hubungkanlah tali persaudaraan, dan sholatlah pada waktu manusia sedang tidur, niscaya kamu sekalian masuk syurga dengan selamat.'"
(HR. Turmudzi)

Dari Tufail bin Ubay bin Ka'ab bahwasanya ia datang ke tempat Abdullah bin Umar, kemudian mereka pergi bersama-sama ke pasar. Tufail berkata:
"Ketika kami pergi bersama-sama ke pasar, setiap melewati tukang rombeng, orang yang menjual dagangannya, orang miskin, bahkan melewati siapa saja, ia pasti mengucapkan salam kepadanya."
Tufail berkata:
"Pada suatu hari saya datang ke tempat Abdullah bin Umar, kemudian ia mengajak saya ke pasar, maka saya berkata kepadanya: 'Apa yang akan kamu lakukan di pasar di pasar nanti, karena kamu tidak akan membeli sesuatu, tidak akan mencari sesuatu, tidak akan menawar sesuatu, dan tidak akan duduk di pasar? Lebih baik kita duduk-duduk di sini dan berbincang-bincang saya.'
Abdullah menjawab:
'Wahai Abu Bathn (disebut demikian karena Tufail mempunyai perut yang besar), kita pergi ke pasar untuk menyebarkanluaskan salam, kita mengucapkan salam kepada siapa saja yang kita jumpai.'"
(HR. Malik)