Tuesday, December 22, 2015

MEMBANTU KAWAN

Pada bab-bab terdahulu telah banyak disebutkan hadist yang berhubungan dengan bab ini, diantaranya:
“Allah itu senantiasa menolong hambaNya, selama hambaNya mau menolong saudaranya, setiap kebaikan adalah sedekah.”
Dan hadist-hadist lain yang serupa.

Dari Abu Sa’id Al Khudriy ra., ia berkata:
“Pada suatu ketika kami sedang bepergian, tiba-tiba ada seorang laki-laki datang dengan naik kendaraan dimana ia menoleh ke kanan dan ke kiri, kemudian Rasulullah SAW. bersabda:
‘Barangsiapa yang mempunyai kelebihan kendaraan, hendaklah ia memberikan kepada yang tidak mempunyainya. Barangsiapa yang mempunyai bekal lebih, maka hendaklah ia memberikan kepada orang yang tidak mempunyainya.’
Beliau menyebutkan macam-macam harta dengan nada seperti itu, sehingga kami sadar bahwa sesungguhnya tidaklah pantas salah seorang di antara kami mempunyai kelebihan harta.”
(HR. Muslim)

Dari Jabir ra. dari Rasulullah SAW., bahwasanya apabila beliau hendak berangkat perang, beliau bersabda:
“Wahai para sahabat Muhajirin dan Anshar, sesungguhnya ada sebagian orang di antara saudara-saudaramu yang tidak memiliki harta dan keluarga, maka dari itu hendaklah salah seorang di antara kamu sekalian menggabungkan 2 atau 3 orang dengannya.”
Kemudian tidak ada salah seorang di antara kami melainkan ia bergantian kendaraan dengan orang yang digabungkannya. Jabir berkata:
“Saya menggabungkan 2 atau 3 orang dengan saya, dan kesempatan untuk mengendarai unta saya bagi rata antara saya dan mereka.”
(HR. Abu Dawud)

Dari Jabir ra., ia berkata:
“Rasulullah SAW. apabila berada dalam perjalanan, beliau biasa di belakang; dimana beliau memberi pertolongan kepada orang yang lemah serta membonceng dan mengajaknya.”
(HR. Abu Dawud)