Thursday, June 18, 2015

DO'A UNTUK MAYAT

Dari Ummu Salamah ra., ia berkata: Rasulullah SAW. bersabda:
"Apabila kamu datang kepada orang yang sakit atau orang yang meninggal dunia, maka berkatalah yang baik-baik karena sesungguhnya malaikat meng-aamiinkan apa yang kamu ucapkan."
Maka ketika Abu Salamah meninggal dunia, saya datang kepada Nabi SAW. dan berkata:
"Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Salamah telah meninggal dunia."
Beliau bersabda: "Ucapkanlah
ALLAAHUMMAGHFIR LII WALAHU WA-A'QIBNII MINHUU 'UQBAN HASANAH 
(Wahai Allah, ampunilah dosa saya dan dosa Abu Salamah, serta gantikanlah kepada saya yang lebih baik)."
Ummu Salamah berkata: "Kemudian Allah mengganti kepada saya seseorang yang lebih baik daripada Abu Salamah, yakni Muhammad SAW."
(HR. Muslim)

Dari Ummu Salamah ra., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda:
"Barangsiapa yang di waktu tertimpa musibah mengucapkan:
INNAA LILLAAHI WA INNA ILAIHI RAAJI'UUN. ALLAAHUMMA 'JURNII FII MUSHIIBATII WA AKHLIF LII KHAIRAN MINHAA
(Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami pasti akan kembali kepada-Nya. Wahai Allah berilah saya pahala dalam musibah ini dan berilah saya ganti yang lebih baik daripada musibah yang menimpanya itu). 
Ummu Salamah berkata: 'Ketika Abu Salamah meninggal dunia, saya mengucapkan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW., kemudian Allah Ta'ala memberi ganti kepada saya dengan orang yang lebih baik daripada Abu Salamah, yakni Rasulullah SAW.'"
(HR. Muslim)

Dari Abu Musa ra. bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda:
"Apabila anak seseorang itu meninggal dunia, maka Allah Ta'ala bertanya kepada malaikat-Nya:
'Kamu telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?'
Malaikat menjawab: 'Ya.'
Allah Ta'ala bertanya lagi: 'Kamu telah mencabut nyawa buah hatinya?'
Malaikat pun menjawab: 'Ya.'
Allah berfirman: 'Maka apa yang diucapkan oleh hamba-Ku itu?'
Malaikat menjawab: 'Ia memuji kepada-Mu dan mengucapkan: INNAA LILLAAHI WA INNA ILAIHI RAAJI'UUN.'
Kemudian Allah Ta'ala berfirman: 'Bangunlah untuk hamba-Ku sebuah rumah di dalam surga, dan namakanlah rumah itu dengan nama Baitul hamdi (Rumah pujian)'."
(HR. Turmudzi)

Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda:
"Allah Ta'ala berfirman: Aku tidak akan memberi balasan kepada hamba-Ku yang mukmin, apabila Aku mengambil kekasihnya di dunia ini, kemudian ia ridha dan menghadapkan pahala kepada-Ku melainkan balasan surga."
(HR. Bukhari)

Dari Usamah bin Zaid ra., ia berkata:
"Salah seorang putri Nabi SAW. mengutus seseorang untuk mengundang dan memberitahu kepada beliau bahwa anak putri Nabi itu akan meninggal dunia, kemudian beliau bersabda kepada utusan itu: 'Kembalilah kamu kepada putriku dan katakanlah kepadanya bahwa menjadi hak Allah untuk mengambil dan memberi sesuatu. Segala sesuatu itu ada batas yang telah ditentukan olehNya, maka suruhlah ia supaya bersabar dan mengharapkan pahala kepadaNya.'"
(HR. Bukhari dan Muslim)