Thursday, May 25, 2017

SHOLAT SUNNAH DI RUMAH

Dari Zaid bin Tsabit ra. bahwasanya Nabi SAW. bersabda:
"Wahai sekalian manusia, sholatlah kamu sekalian di rumah, karena seutama-utama sholat adalah sholat seseorang di rumahnya kecuali sholat fardhu".
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Umar ra. dari Nabi SAW., beliau bersabda:
"Laksanakanlah sholat sunnah di rumah kalian dan janganlah kalian jadikan rumah kalian itu seperti kuburan".
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Jabir ra., ia berkata: Rasulullaah SAW. bersabda:
"Apabila salah seorang di antara kalian telah selesai mengerjakan sholat di masjid, maka hendaklah ia mengerjakan sebagian sholat sunnah di rumahnya, karena sesungguhnya dengan sholat itu Allaah menjadikan kebaikan di rumahnya".
(HR. Muslim)

Dari 'Amr bin 'Atho' bahwasanya Nafi' bin Jubair mengutus untuk pergi ke tempat Saib bin Yazin keponakan Namir, untuk menanyakan tentang sesuatu yang terjadi antara Saib dengan Mu'awiyah dalam hal sholat, kemudian Saib berkata:
"Benar, saya sholat Jum'at bersama Mu'awiyah di istana, setelah imam mengucapkan salam kemudian saya langsung berdiri untuk mengerjakan sholat sunnah di tempat itu.
Ketika Mu'awiyah masuk ke rumahnya, ia memanggil saya dan berkata:
'Janganlah diulangi apa yang telah kamu kerjakan. Jika kamu selesai sholat Jum'at, maka janganlah kamu menyambungnya dengan sholat sunnah sebelum kamu berbicara atau keluar.
Karena sesungguhnya Rasulullaah SAW. menyuruh yang demikian, supaya kami tidak boleh menyambung sesuatu sholat dengan sholat yang lain sebelum berbicara atau keluar'".
(HR. Muslim)