Thursday, May 25, 2017

SUNNAH MEMBACA AYAT ATAU SURAT YANG PENDEK

Dari 'Aisyah ra. bahwasanya:
"Nabi SAW. sholat dua raka'at yang ringan antara adzan dan iqamatnya sholat Shubuh".
(HR. Bukhari dan Muslim)
Dan di dalam riwayat lain dikatakan:
"Beliau sholat dua raka'at fajar sangat ringan (cepat), sehingga saya bertanya pada diri sendiri:
'Apakah beliau membaca Al Fatihah pada kedua raka'at itu?'"
Dan di dalam riwayat Muslim dikatakan bahwa beliau mengerjakan dua raka'at dengan ringan apabila mendengar adzan.
Dan dalam riwayat lain dikatakan:
"Apabila fajar telah menyingsing".

Dari Hafshah ra., bahwasanya:
"Rasulullaah SAW. apabila telah mendengar muadzin mengumandangkan adzan Shubuh, maka beliau mengerjakan sholat dua raka'at yang ringan".
(HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam riwayat Muslim dikatakan:
"Apabila fajar telah menyingsing, Rasulullaah SAW. hanya mengerjakan sholat dua raka'at yang ringan".

Dari Ibnu Umar ra., ia berkata:
"Rasulullaah SAW. biasa sholat malam dua raka'at dua raka'at salam, dan pada akhir malam beliau sholat Witir satu raka'at, serta sholat dua raka'at sebelum Shubuh apabila beliau telah mendengar adzan".
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Abbas ra. bahwasanya Rasulullaah SAW. pada raka'at pertama dari sholat fajar membaca: "QUULUU AAMANNAA BILLAAHI WAMAA UNZILA ILAINAA" yang terdapat pada surat Al Baqarah; dan pada raka'at kedua beliau membaca: "AAMANNAA BILLAAHI WASYHAD BI-ANNAA MUSLIMUUN".
Dalam riwayat yang lain dikatakan bahwa pada raka'at kedua beliau membaca ayat: "TA'AALAU ILAA KALIMATIN SAWAA-IN BAINANAA WA BAINAKUM", yang ada pada surat Ali Imran".
(HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullaah SAW. pada dua raka'at fajar membaca:
"QUL  YAA AYYUHAL KAAFIRUUN" dan "QUL HUWALLAAHU AHAD".
(HR. Muslim)

Dari Ibnu Umar ra., ia berkata:
"Selama sebulan saya melihat Nabi SAW. pada dua raka'at fajar selalu membaca 'QUL  YAA AYYUHAL KAAFIRUUN" dan "QUL HUWALLAAHU AHAD'".
(HR. Turmudzi)





قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ


Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
(QS. Al Baqarah : 136)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَىٰ مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ ۖ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?" Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.
(QS. Ali Imran : 52)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَىٰ كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ ۚ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ


Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah". Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".
(QS. Ali Imran : 64)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------